CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request. Email : galihjvm@gmail.com
Garansi Software dan Hardware selama 1 Tahun Garansi Replacement selama 1 Bulan & Free ongkir Jawa, etc.
Home / Artikel / Bersihkan Dispenser air agar tidak jadi Sarang Bakteri

Bersihkan Dispenser air agar tidak jadi Sarang Bakteri

Bersihkan Dispenser Air agar tidak jadi Sarang Bakteri.

86_dispenser

Dispenser air minum menjangkau setiap rumah tangga, dan memberikan banyak kemudahan hidup. Namun, orang-orang sering mengabaikan kebersihan dan kesterilan dispenser.

Jika dispenser dalam jangka panjang tidak dibersihkan, tentu akan memberi peluang berkembang-biaknya bakteri, air yang diminun akhirnya tidak sesuai standar kesehatan. Pada umumnya galon air diletakkan terbalik di atas dispenser. Melalui selang yang ada dalam dispenser, air disalurkan ke dua tabung panas dan dingin.

Biasanya walau berulang-ulang mengganti galon air, kita mengabaikan fakta bahwa dalam dispenser ada sisa air di tabung dispenser hampir 1000 ml, dan dalam air tersebut bersembunyi bakteri penyebab penyakit.Lama-kelamaan, dengan sendirinya akan menjadi tempat berkembang-biaknya bakteri.

Bersihkan Dispenser

Dahulu perusahaan dispenser selalu memberikan servis gratis untuk pembersihan dispenser. Namun, karena kurangnya pengetahuan dan peralatan pembersih yang profesional, servis gratis pada umumnya hanya membersihkan bagian fisik, tidak menyentuh pokoknya.

Bahkan untuk menekan biaya servis gratis, banyak di antaranya hanya mengerjakan ala kadarnya, dan demi mengirit, mereka menggunakan bahan pembersih murah untuk mensterilkan dispenser, sehingga tidak dapat menjamin kualitas pembersihan.

Dispenser air munum pada dasarnya sudah menyebar ke setiap keluarga, banyak konsumen khawatir alat pemanas biasa tidak dapat memasak air hingga matang, sehingga mereka minum air campuran mentah dan matang. Minum air yang tidak direbus sampai matang dalam jangka panjang akan membuat tubuh mudah terjangkit bakteri. Meskipun diminum bersama-sama dengan air matang, tapi bakteri yang ada didalam air mentah sulit dibasmi. Bersihkan Dispenser 

Alat pemanas biasa strukturnya berbeda dengan dispenser dirumah tangga, dispenser yang dipakai dirumah tangga adalah struktur mesin dan galon terpisah, sehingga tidak timbul masalah air ‘yin yang’. (air matang yang tersimpan lama) Oleh karena itu disarankan bagi keluarga yang menggunakan dispenser, harus membersihkan dan mensterilkan dispenser secara teratur. Karana selain menjamin dispenser dapat bekerja secara normal, juga dapat mengurangi penyebaran bakteri dalam air.

Dalam memilih dispenser sangatlah penting untuk mempertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan mesin.

  • Jika anda tidak suka minuman dingin, setiap hari hanya dibutuhkan untuk menyeduh kopi dan teh, maka beli sebuah dispenser panas sudah cukup.
  • Jika tinggal di daerah tropis, penggunaan di musin panas lebih banyak, anda tergolong orang yang suka minum dingin, maka belilah dispenser dwifungsi panas dan dingin. Selain itu, masih ada dispenser dengan tiga fungsi, dingin, hangat dan panas, pilihlah berdasarkan kebutuhan.
  • Dari sekian banyak produk dispenser, bila diringkas tak lebih hanya terdiri dari 3 jenis, yaitu, hangat-panas, dingin-panas, dingin-hangat-panas.
  • Dispenser dingin-panas terbagi dua macam, dispenser sistem pendingin semikonduktor dan dispenser sistem pendingin kompresor.
  • Dispenser sistem pendingin kompresor bekerja jauh lebih cepat dibandingkan dispenser sistem pendingin semikonduktor, pasokan air dinginnya juga lebih banyak dibandingkan yang sistem semikonduktor.
  • Pembersihan dan perawatan
  • Dispenser di rumah setelah digunakan dalam jangka beberapa waktu, akan terakumulasi selapis endapan tipis yang sulit dibersihkan. Sebenarnya ada cara yang sederhana dan sehat, anda dapat mencobanya.
  • Lemon diiris tipis, kemudian letakkan dalam wadah direbus dengan air hingga mendidih selama 2 hingga 3 jam.
  • Ketika mengganti air dispenser, gunakanlah air lemon yang sudah direbus untuk mencuci dispenser, endapan kotoran bukan saja dengan mudah bisa dibersihkan, juga dalam dispenser akan tertinggal aroma lemon yang harum.

Cara pembersihan yang biasa dilakukan bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Cabut steker listrik, angkat tabung galon kosong, buka kran dispenser, agar sisa air dalam rongga dispenser keluar.
  2. Gunakan penjepit untuk menggenggam kapas yang dibasahi alkohol, dengan seksama membersihkan tabung dalam dispenser dan sisi luar-dalam penutupnya.
  3. Tuangkan disinfektan (obat steril) serba guna ke dalam tabung dispenser, rendamlah selama 10-15 menit.
  4. Buka kran dispenser untuk membuang /mengeluarkan disinfektan.
  5. Bilas seluruh rongga dispenser dengan air bersih, kemudian bukalah semua kran dispenser untuk membuang air
  6. Gunakan kain lap untuk membersihkan sisi belakang dispenser dimana terdapat saklar on-off.

Sumber: erabaru DOT net

Bersihkan Dispenser

Klik untuk permintaan penawaran dan atau kontak kami langsung!

About admin

CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request