CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request. Email : galihjvm@gmail.com
Garansi Software dan Hardware selama 1 Tahun Garansi Replacement selama 1 Bulan & Free ongkir Jawa, etc.
Home / Artikel / Dampak Sinar Ultraviolet UVA dan UVB serta perbedaannya

Dampak Sinar Ultraviolet UVA dan UVB serta perbedaannya

Dampak Sinar Ultraviolet UVA dan UVB serta perbedaannya

 

 

Selama 6 Milyar tahun umur Matahari kita, dalam banyak hal masih menyembunyikan misteri besar bagi kita. Matahari masih merupakan sumber ketidakpastian dan kebingungan bagi kita. Salah satu yang menarik bagi kita adalah dengan apa yg disebut UVA (gelombang ultraviolet panjang) dan UVB (gelombang ultraviolet pendek). Sejauh mana kita bisa memahami dampak dari UVA dan UVB terhadap kerusakan pada kulit. Serta bagaimana kita bisa melindungi diri kita sendiri.

Terlihat bahwa penemuan dan pemahaman selalu berkembang seiring dengan hasil-hasil penelitian baru yang ditemukan. Seperti contoh semula kita pernah berpikir bahwa UVA adalah sumber utama penyebab kerusakan kulit. Namun dengan ditemukanya UVB, ternyata efek dari sinar ini lebih hebat terhadap kesehatan kulit. Setiap perkembangan baru ini adalah sebuah tantangan berharga yg dapat membantu kita semua mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Jadi Apakah yang dimaksud dengan Radiasi Ultraviolet?

Radiasi UV adalah bagian dari spektrum elektromagnetik (cahaya) yang mencapai bumi dari matahari. Memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada cahaya, sehingga tak terlihat dengan mata telanjang. Gelombang ini diklasifikasikan sebagai UVA, UVB, atau UVC, dengan UVA terpanjang di 320-400 nanometer. UVA adalah lebih lanjut dibagi menjadi dua gelombang lagi, UVA I dan UVA II. UVB berkisar 290-320 nm. Dengan sinar paling pendek yaitu UVC diserap dalam perjalan oleh lapisan ozon dan tidak mencapai bumi. Sinar UVA dan UVB dapat menembus atmosfer bumi dan memainkan peran penting dalam kondisi seperti penuaan dini kulit, kerusakan mata (termasuk katarak), dan kanker kulit. Mereka juga menekan sistem kekebalan.
Radiasi UV dan Kanker Kulit

Butuh Alat Pengukur Sinar Ultraviolet ?

Dengan merusak sel-sel DNA kulit, radiasi UV yang berlebihan menghasilkan mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker kulit. Radiasi UV dianggap sebagai penyebab utama kanker kulit nonmelanoma (NMSC), termasuk basal cell carcinoma (BCC) dan squamous cell carcinoma (SCC). Kanker ini menyerang lebih dari satu juta dan lebih dari 250.000 orang Amerika, masing-masing, setiap tahun. Banyak ahli percaya, bahwa terutama untuk orang-orang berkulit putih, radiasi UV berdampak lebih mematikan sehingga membunuh lebih dari 8.000 orang Amerika setiap tahun.

  • UVA Sebagian besar dari kita terkena paparan sinar UVA dalam jumlah besar sepanjang hidup kita. Sinar UVA menyumbang hingga 95 persen dari radiasi UV yang mencapai permukaan bumi. Walaupun mereka kurang kuat dibanding UVB, intensitas UVA adalah 30 sampai 50 kali lebih banyak. Serta mereka hadir dengan intensitas yang relatif sama pada semua siang hari sepanjang tahun, dan dapat menembus awan maupun kaca. UVA menembus kulit lebih dalam daripada UVB, dan studi selama dua dekade, menunjukkan bahwa UVA merusak sel-sel kulit yang disebut keratinosit dalam lapisan basal epidermis, di mana sebagian besar merupakan penyebab terjadinya kanker kulit. Sinar UVA juga tidak terasa panas oleh kulit sehingga dapat menembus lebih dalam ke kulit.
  • UVB Adalah penyebab utama kulit memerah dan terbakar sinar matahari, cenderung merusak lapisan epidermis kulit yang lebih dangkal. Intensitasnya bervariasi menurut musim, lokasi, dan waktu. Sinar UVB dapat membakar dan merusak kulit Anda sepanjang tahun, terutama di dataran tinggi dan pada permukaan reflektif seperti salju atau es. Sinar UVB tidak dapat menembus kaca.

Butuh Alat Pengukur Kadar Air/ Kelembaban untuk Kulit ?
Jadi Lindungi diri Anda dari radiasi UV, baik di dalam dan luar ruangan. Selalu mencari tempat teduh bila berada di luar rumah, terutama pada jam 10:00-16:00. Dan karena UVA menembus kaca, pertimbangkan untuk menambahkan UV pada kaca film Anda. Kaca film ini mampu menghalau sampai 99% radiasi UV, serta menangkal sampai dengan 80% sinar tampak. Selain itu pakaian yang anda gunakan juga dapat membantu menangkal paparan UV. Sebagai contoh: pakaian longgar memberikan lebih dari sebuah penghalang antara kulit anda dan matahari, pakaian yang dianyam rapat lebih memberikan perlindungan, dsb. Menggunakan topi bertepi lebar dan kacamata anti UV membantu melindungi kulit sensitif di kepala, leher, dan di sekitar wilayah mata yang biasanya mendukung banyak kerusakan akibat sinar matahari.

Sun Protection Factor (SPF)

Sejak ditemukan tabir surya modern, efektivitas tabir surya diukur dengan faktor perlindungan matahari, atau SPF. SPF ini menunjukkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk kulit memerah(UVB) saat menggunakan produk tabir surya, dibandingkan dengan berapa lama waktu yang diperlukan oleh kulit memerah tanpa menggunakan tabir surya. Sebagai contoh, seseorang menggunakan tabir surya dengan SPF 15 akan memakan waktu 15 kali lebih lama untuk memerah daripada tanpa tabir surya. SPF 15 melindungi sekitar 93 persen dari sinar UVB matahari, SPF 30 melindungi hingga 97%, dan SPF 50 melindungi hingga 98%. The Skin Cancer Foundation menyatakan bahwa SPFs 15 atau lebih tinggi diperlukan untuk memberikan perlindungan yang memadai.

Butuh Alat Pengukur Intensitas Cahaya ?

Bahan krim tabir surya

Karena baik UVA, UVB berbahaya, Anda membutuhkan perlindungan dari kedua jenis sinar tersebut. Untuk memastikan Anda mendapatkan UVA efektif serta mencakup perlindungan UVB, cari krim tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi.
Saat ini ada 17 bahan aktif yang disetujui oleh FDA untuk digunakan dalam tabir surya. Bahan ini terbagi dalam dua kategori besar: organik/kimia dan anorganik/fisik. Perlindungan UV organik, bahan ini membentuk lapisan film tipis pelindung pada permukaan kulit dan menyerap radiasi UV sebelum menembus kulit. Sedangkan UV anorganik bersifat partikel yang tidak larut, dan memantulkan radiasi partikel UV. Sebagian besar produk tabir surya menggunakan kedua bahan tersebut didalam kandungannya.

Tindakan pencegahan agar terlindung dari radiasi ultraviolet :

  • Carilah tempat teduh, terutama saat pukul 10:00-16:00
  • Jangan terbakar.
  • Tutup dengan pakaian, termasuk topi bertepi lebar dan kacamata hitam anti UV.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari.
  • Terapkan 100mg (2 sendok makan) krim tabir surya ke seluruh tubuh , 30 menit sebelum Anda pergi keluar.
  • Gunakan kembali setiap dua jam, atau segera setelah berenang, atau ketika berkeringat berlebihan.
  • Jauhkan bayi yang baru lahir dari sinar matahari. Tabir surya harus digunakan pada bayi yang berusia lebih dari enam bulan.
  • Tidak ada salahnya untuk memeriksakan kulit Anda secara berkala ke dokter.

Dampak Sinar Ultraviolet UVA dan UVB serta perbedaannya

Klik untuk permintaan penawaran dan atau kontak kami langsung!

About admin

CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request