CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request. Email : galihjvm@gmail.com
Garansi Software dan Hardware selama 1 Tahun Garansi Replacement selama 1 Bulan & Free ongkir Jawa, etc.
Home / Artikel / Natrium Klorida? Apa itu ? Dan Apa Karakteristik & Kegunaannya

Natrium Klorida? Apa itu ? Dan Apa Karakteristik & Kegunaannya

Natrium Klorida? Apa itu ? Dan Apa Karakteristik & Kegunaannya

Natrium Klorida atau Garam Dapur

Natrium Klorida atau Garam Dapur

Natrium klorida (NaCl) adalah senyawa penting yang diperlukan oleh tubuh dan dikenal pula sebagai Garam Dapur.

Meskipun penting, natrium klorida hanya perlu dikonsumsi dalam jumlah sedikit untuk menyuplai tubuh dengan elektrolit dan membantu otot-otot agar rileks. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar, senyawa ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi. Natrium klorida ditemukan dalam banyak produk sehingga sering tidak sadar kita mengkonsumsinya terlalu banyak.

Makanan olahan, daging asap, saus dan bumbu instan, makanan ringan, serta makanan kaleng cenderung mengandung natrium klorida tinggi. Paling sering, natrium klorida ditemukan dalam bentuk kristal yang dikenal sebagai garam dapur. Asupan tepat natrium klorida memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa ini adalah komponen penting dari semua cairan tubuh, termasuk darah. Sebagai elektrolit, natrium klorida sering ditemukan dalam minuman kebugaran. Elektrolit memungkinkan transmisi sinyal listrik antar saraf.

Natrium Klorida? Apa itu ? Dan Apa Karakteristik & Kegunaannya

Untuk alasan ini, natrium klorida membantu relaksasi otot. Senyawa ini juga memiliki peran penting dalam penyerapan nutrisi oleh sel. Amat jarang seseorang mengalami kekurangan natrium klorida. Dalam kasus yang sangat langka, kekurangan natrium klorida menyebabkan kram otot. Kondisi ini biasanya terjadi di iklim yang sangat panas atau setelah latihan fisik berat.

Kekurangan natrium klorida umumnya ditandai dengan berbagai gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, pusing, kram otot, pingsan, atau kombinasi semua gejala tersebut. Kondisi lain, yang dikenal sebagai hiponatremia, dapat menyebabkan gejala yang sama. Dalam kasus ekstrim, kejang, koma, kerusakan otak, dan kematian dapat terjadi.

Hiponatremia terjadi karena natrium keluar dari tubuh akibat asupan cairan yang sangat berlebihan. Sebagian atlet dan pelari maraton mungkin berisiko mengalami hiponatremia. Sebelum ditemukannya lemari pendingin, garam digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Namun demikian, natrium klorida tetap banyak terkandung dalam berbagai minuman soda dan makanan olahan modern.

Natrium Klorida? Apa itu ? Dan Apa Karakteristik & Kegunaannya

Kelebihan garam dalam diet akan meningkatkan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi yang tidak terkendali dapat memicu seseorang mengalami stroke dan penyakit jantung.Bayi dan penderita penyakit ginjal sering disarankan untuk membatasi asupan garam dari makanan. Gangguan pada ginjal menyebabkan kelebihan garam tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dengan sempurna melalui urin Diet rendah lemak dan tinggi kalium diketahui membantu mengontrol kadar natrium, meskipun hal ini bukan merupakan pengganti pembatasan konsumsi garam berlebih.

Klik untuk permintaan penawaran dan atau kontak kami langsung!

About admin

CV. JAVA MULTI MANDIRI, Jln. Raya Baturraden KM 7 No.17 Sokawera, Rempoah, Baturraden. Purwokerto, Jateng 53151. Telp/ Whatsapp : 0812-25259895, 085732683800 Pin BB : Request